Gemar Sedekah, Harta Berlimpah

Judul Gambar

Judul Gambar

Jumat, 18 September 2015

On 16.53 by Unknown   1 comment


Hai hai hai!

Kali ini, saya akan membagikan tips penting bagaimana memenangkan hati klien kita. Pada tulisan kali ini, saya akan fokus pada communication skill.

Get ready ya!


Readers! Dalam berkomunikasi, setidaknya terdapat 3 teknik penting yang minimal harus kita kuasi. Teknik tersebut antara lain: Pacing, Leading, dan Performing (appearance).

  1. Pacing
Pacing adalah teknik untuk membangun kesamaan dengan calon klien. Tujuannya adalah untuk membuat sebuah bound (ikatan) yang kuat antara kita dengan lawan bicara. Cara melakukan pacing:
  • Samakan fisikologis (gerak tubuh)
  • Samakan suara dan samakan perkataan.
  • Cari tau apa yang ia suka, dan katakan kalau kita juga memiliki kesukaan atau ketertarikan terhadap sesuatu yang sama seperti mereka
Jika sudah terjadi kesamaan antara kita (pebisnis) dan calon klien, maka tahap 1 tersebut sudah berhasil dilalui.
    2.   Leading
Leading merupakan teknik untuk mengarahkan arah pembicaraan. Tujuannya adalah agar lawan bicara kita masuk ke dalam tema pembicaraan yang kita kehendaki. Tentunya dengan cara yang baik dan benar. Setelah proses pacing berhasil, kita dapat dengan mudah masuk ke tahap leading. Hal ini karenakan, kita sudah mendapat simpati dari lawan bicara kita. Namun, jaga agar kondisi pembicaraan juga berimbang. 
    3.   Performing (Appearance
Penampilan. Saat hendak bertemu dengan klien, kita harus memperhatikan penampilan kita. ‘Most people judge book from the cover’. Hal yang pertama kali dilihat klien dari kita adalah penampilan. Gunakan pakaian terbaik yang kita miliki (tentukan juga dengan tempat dan tujuan pertemuan tersebut). Tidak harus yang baru (karena ini bukan lebaran, hehe) yang penting rapih, bersih dan wangi. Kamu ngga mau kan kalau klienmu terus menerus menutup hidungnya saat kamu berbicara karena bau badan dan mulutmu yang semerbak itu? :D 
Selain tips - tips di atas, ada pula tips - tips lainnya yang perlu diketahui: 


  1.     Perkenalan. 
Hal-hal yang harus diperhatikan saat berkenalan dengan klien adalah:
  •  Berikan salam dan sapaan yang baik dan benar (Terapkan 5S ya. Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun)
  • Jabat tangannya dengan hangat 
  • Membangun kesamaan dan keakraban
  • Memberi dan menerima kartu nama dengan baik dan benar

2.     Jamuan Makan
Hal-hal yang harus diperhatikan saat makan bersama klien:
  • Usahakan dan wajib kamu datang lebih dahulu dibanding mereka 
  • Saat klienmu sudah datang, sambut ia dengan sambutan yang hangat. Persilahkan ia duduk agar ia merasa nyaman 
  • Berikan menu makanan kepadanya dan biarkan ia yang memilih duluan 
  • Usahakan duduk di sebelah kanan klienmu 
  •  Bicarakan hal-hal yang positif selama acara makanmu dengan klien
  • Jika klienmu berjumlah lebih dari satu, tanyakan kepada mereka pertanyaan yang umum yang bisa dijawab oleh mereka semua. Jangan terpaku/tertuju pada satu klien saja 
  •  Ciptakan suasana yang hangat dan nyaman
  • Peka terhadap apa yang klienmu inginkan
  • Lunch for Bussiness, Dinner for Friends
Nah, itu tadi tips and tricks yang bisa saya sampaikan. Ingat yaa, ini baru dasarnya saja loh. Selebihnya, biarkan dirimu sendiri yang mengarahkan bagaimana kamu harus bersikap yang baik dan benar. Follow your heart ya. 




Kontributor: Bos Novalita Dwi Aulia
Penyunting : Bos Wise

1 komentar:

  1. sukses berpola, sukses meninggalkan jejak.. mau sukses? ikutin saja pola yang sudah ada :D

    BalasHapus